Senin, 29 Juni 2015

Surat dan CV

A.   Surat

µ  Arti Surat
Surat merupakan alat komunikasi yang disampaikan secara tertulis, berisi bahan informasi berupa berita, laporan, pemberitahuan, perintah, pesanan, keputusan, undangan dan permohonan, yang lazimnya harus dikirimkan atau disampaikan kepada pihak lain. Ada juga yang mengatakan bahwa surat adalah sarana komunikasi untuk menyampaikan informasi tertulis oleh suatu pihak kepada pihak lain.
Sedangkan menurut Seojito dan Solchen (2004: 1) mendefinisikan surat sebagai berikut:
·         Ditinjau dari isinya, surat merupakan jenis karangan (komposisi) paparan-pengarang mengemukakan maksud dan tujuannya, menjelaskan apa yang dipikirkan dan dirasakannya.
·         Ditinjau dari wujud peraturannya, surat merupakan percakapan tertulis.
·         Ditinjau dari fungsinya, surat adalah alat sarana komunikasi tulis.

µ  Fungsi Surat
Beberapa fungsi surat diantaranya adalah sebagai berikut:
·         Surat sebagai sarana komunikasi.
·         Surat sebagai alat menyampaikan pemberitahuan, permintaan, permohonan, buah pikiran ataupun gagasan.
·         Surat sebagai alat bukti tertulis, misalkan surat perjanjian.
·         Surat sebagai alat untuk mengingat, misalkan surat yang diarsipkan.
·         Surat sebagai pedoman kerja, misalkan surat keputusan dan surat perintah.
·         Surat sebagai historis.

µ  Syarat Surat yang Baik
Ada beberapa syarat dan ketentuan dalam menulis surat yang baik dan benar. Syarat dan ketentuan tersebut adalah sebagai berikut:
·         Menetapkan lebih dahulu maksud surat yaitu pokok pembicaraan yang ingin disampaikan kepada penerima surat, apakah itu berupa pemberitahuan, pernyataan, pertanyaan, permintaan laporan atau hal lain. Tentunya disesuaikan dengan Jenis surat yang ingin tulis.
·         Menetapkan urutan masalah yang akan dituliskan.
·         Merumuskan pokok pembicaraan satu persatu, runtun, logis dan teratur.
·         Menggunakan kalimat efektif.
·         Sederhana : bersahaja, lugas, mudah, tidak berbelit-belit kata maupun kalimat.
·         Menggunakan kata-kata yang biasa dan lazim.
·         Ringkas : tegas dan mudah dipahami.
·         Jelas : tidak samar-samar, tidak meragukan, tidak taksa, tidak menimbulkan salah paham.
·         Sopan : menggunakan kata-kata yang sopan atau halus dan kata-kata resmi (bukan kata sehari-hari)
·         Menarik : membangkitkan perhatian, tidak membosankan. Bisa dengan variasi kalimat, gaya bahasa.
·         Menghindarkan sejauh mungkin penggunaan singkatan kata atau akronim, apa lagi singkatan yang tidak biasa atau singkatan buatan sendiri.
·         Memperhatikan dan menguasai Format atau Bentuk Surat.
·         Memperhatikan dan menguasai penulisan Bagian-Bagian Surat.
·         Penulisan atau pengetikan yang betul, jelas, bersih dan rapi.
·         Memperhatikan ukuran, jenis dan warna kertas.
·         Ukuran : Kwarto (21x29 cm)
·         Jenis : HVS untuk lembar asli, kertas tembus atau doorslag untuk tembusan.
·         Warna : Putih (hvs) untuk lembar asli; kuning (doorslag) untuk perbal; biru muda (doorslag) untuk tembusan intern; merah muda (hvs) untuk surat rahasia.
·         Isi surat ringkas, jelas, akurat dan eskplisit.
·         Menggunakan bahasa baku.

µ  Bahasa Surat
·         Bahasa yang digunakan harus tunduk kepada semua aturan bahasa yang berlaku baik struktur kata dan kalimat, maupun penggunaan tanda baca, pemakaian alinea/paragraf, dan sebagainya.

µ  Bagian-Bagian Surat
·         Bagian-bagian surat pribadi :
1.      Tempat, tanggal,bulan,tahun penulisan surat
2.      Alamat surat
3.      Salam pembuka
4.      Kalimat pembuka
5.      Isi surat
6.      Kalimat penutup
7.      Salam Penutup
8.      Tanda tangan
9.      Nama pengirim

·         Bagian-bagian surat dinas :
1.     Kepala surat
2.     No,Lampiran ,Perihal
3.     Tanggal,bulan,tahun penulisan surat
4.     Alamat surat
5.     Salam pembuka
6.     Kalimat pembuka
7.     Isi surat
8.     Kalimat penutup
9.     Salam penutup
10.   Tanda tangan
11.   Nama pengirim

·         Isi surat meliputi;
1.      Paragraf pembuka
2.      Paragraf isi
3.      Paragraf penutup

µ  Contoh-Contoh Surat
·         Berdasarkan Sifatnya;
a.       Surat Pribadi
Adalah surat-surat yang bersifat kekeluargaan, surat-surat yang berisi masalah keluarga, baik tentang kesehatan, keuangan keluarga, dan sebagainya.
Contoh :


b.      Surat Dinas/Resmi
Alat komunikasi tertulis untuk menyampaikan berita/informasi yang berisi tentang hal-hal yang berhubungan dengan kedinasan/kegiatan dinas sebuah instansi pemerintah.


c.       Surat Niaga
Adalah surat-surat yang berisi soal-soal perdagangan yang dibuat oleh perusahaan yang dikirimkan kepada para pelanggan.


B.   CV

µ  Manfaat CV
Manfaat curiculum vitae adalah menjelaskan keterangan diri, informasi diri, data diri dan sebagainya. Dengan CV, setiap orang yang membaca dan memeriksa CV seseorang akan dapat mengetahui dan menelaah setiap orang dari informasi diri yang telah diberikan, serta dapat memberikan gambaran seseorang melalui kegiatan – kegiatan atau dari spesifikasinya dalam pendidikan dan berorganisasi. Dengan kata lain manfaat CV menjelaskan kriteria diri dalam bentuk teks.

µ  Susunan CV
1.    Data Pribadi
Bagian ini berisi nama, alamat, agama, email, nomor telepon dan identitas pribadi lainnya.
2.    Pendidikan
Bagian ini menjelaskan latar belakang pendidikan dan berhubungan dengan pekerjaan yang dituju. Pada umumnya, banyak yang  membuat CV menjelaskan dari TK (Pendidikan paling dasar), SD, SMP sampai perguruan tinggi (Pendidikan terakhir).
3.    Pengalaman Kerja
Bagian ini adalah bagian yang paling dilihat oleh perekrut kerja. Pengalaman kerja memberikan gambaran apakah seorang kandidat sudah memiliki jam terbang yang cukup atau masih terbatas. Rekruter juga bisa menentukan apakah kandidat dapat segera menyesuaikan diri di organisasi yang baru atau apakah dia butuh penyesuaian yang panjang.
4.    Skill Yang Dimiliki
Seharusnya pada bagian ini perlu dijelaskan dalam CV skill apa saja yang telah dimiliki sebagai proses belajar maupun pengalaman dari pekerjaan sebelumnya. Dan dibuat dalam bentuk yang meyakinkan dan informatif.
5.    Training Yang Pernah Diikuti
Untuk lebih meyakinkan lagi, perlu memasukkan daftar training yang pernah diikuti sebelumnya untuk memberi gambaran sejauh mana pemilik CV telah berkembang dan wawasan apa saja yang sudah dimiliki.
6.    Prestasi
Ini adalah bagian yang penting disamping pengalaman kerja yang menjelaskan keunikan, kelebihan dan presetasi sebagai individu sekaligus pencapaian di bidang tertentu.
7.    Kegiatan Ekstrakurikuler/Kemasyarakatan
Selain hal-hal yang berhubungan langsung dengan pekerjaan. Pada CV juga perlu memberikan sedikit gambaran kegiatan yang dilakukan di masyarakat. Ini akan menunjukkan bahwa pemilik CV bisa membagi waktu dan memiliki hubungan sosial  yang lebih luas, tidak hanya sebatas di lingkungan pekerjaan.

µ  Bagaimana membuat CV yang baik dan menarik
Berikut 5 langkah mudah dalam membuat CV agar lebih menarik :
·         Buatlah CV dalam ukuran A4 dengan desain dan pewarnaan yang eye catching. CV bisa dibuat dalam orientasi kertas portrait atau landscape
·         Usahakan pembuatan CV Menggunakan Bahasa inggris agar terlihat kualifikasi kamu dalam menguasai bahasa asing.
·         Menyajikan Informasi selengkap mungkin, antara lain :
Data Pribadi/Personal Data yang teridiri dari Nama, Jenis Kelamin, Tempat dan Tanggal Lahir, Alamat, Status Pernikahan, Kewarganegaraan, Agama, Tinggi badan, Berat Badan, Alamat E-mail, dan nomor handphone. Juga sertakan foto kamu agar para rekrutment bisa memiliki gambaran seperti apa wajah kamu.
·         Data Riwayat pendidikan kamu, disarankan latar belakang pendidikan yang ditampilkan adalah pendidikan terakhir yang selesai kamu tempuh beserta IPK yang diperoleh.
Data Pengalaman Kerja (jika kamu sudah pernah bekerja)
Data Penghargaan dan Sertifikasi yang pernah kamu peroleh
Data Seminar dan Training yang pernah kamu ikuti
Data Kemampuan/Skill dibidang komputer serta kemampuan lain yang mendukung pekerjaan kamu
·         Buatlah CV kamu dalam 2 bentuk, yaitu bentuk print out (hardcopy) dan bentuk PDF (softcopy) agar dapat digunakan jika ingin melamar pekerjaan via email
Contoh:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar